Selasa, 15 Juni 2021

 

Peran Influencer dalam Promosi ditengah pandemi


Jika kita mengambil salah satu contoh platform sosial media marketing yakni Instagram, Instagram memiliki “Instagram for Business” yang memudahkan pelaku bisnis berjualan dengan memanfaatkan fitur promosi berbayar “Instagram Ads”. Selain itu untuk memperluas bisnis mereka, beberapa perusahaan besar dan juga Usaha Kecil Menengah (UKM) melakukan strategi promosi dengan menggunakan influencer. Pemilihan influencer bukan karena memiliki jumlah followers yang banyak, namun influencer sering menggunakan cara tersendiri dalam mempromosikan produk secara soft selling yang nantinya bisa menjadi testimoni untuk meningkatkan kepercayaan followers-nya sehingga dapat meningkatkan brand awareness dari produk. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Sociabuzz, tujuan dari menggunakan influencer adalah untuk meningkatkan brand awareness , mengedukasi target konsumen, meningkatkan penjualan, meningkatkan followers dan Search Engine Optimization. Sedangkan media sosial yang paling sering digunakan adalah Instagram sebesar 98,8 %. Hal ini membuktikan meningkatkan brand awareness dengan menggunakan influencer menjadi penting dan efektif untuk dilakukan oleh perusahaan.

Brand awareness sangatlah perlu dilakukan agar masyarakat menjadi percaya terlebih dahulu, sebelum akhirnya mengambil keputusan dalam pembelian suatu produk. Jika perusahaan sering meningkatkan promosi agar dikenal terlebih dulu oleh calon konsumen, maka keputusan pembelian akan lebih mudah tercapai. Hal yang perlu diperhatikan saat memilih influencer tentu kembali kepada konsep Segmentasi, sasaran dan penempatan dari target konsumen yang diinginkan karena hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah pengikut dan tingkat keterlibatan platform yang akan digunakan, platform yang dimaksud adalah terkadang seorang influencer dapat menciptakan komunitas-komunitas yang dapat memberikan kesan terhadap produk yang akan dipasarkan, pada beberapa kasus terkadang influencer dengan jumlah pengikut yang kecil namun memiliki keterlibatan yang tinggi dapat lebih efektif dalam mempengaruhi tingkat penjualan produk kepada konsumen.

Konten yang menarik dan beragam juga menjadi keuntungan melakukan strategi marketing menggunakan influencer. Influencer banyak menampilkan konten foto dengan gaya humor, promosi, tutorial, atau lainnya yang menunjukkan jati diri mereka di kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar karakter dari influencer tidak hilang, memaksimalkan interaksi dari followers dan membuat brand image dari perusahaan tidak berubah namun ditampilkan dengan cara yang lebih kreatif dan berbeda. Seorang pemasar dalam memanfaatkan jasa influencer harus membuat kontrak kerjasama untuk menghindari terjadinya konflik di kemudian hari, dalam pembayaran tidak selalu influencer harus dibayar dengan menggunakan nominal uang, namun bisa dengan menggunakan promo atau fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh merek tersebut sehingga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah pengalaman yang dapat diposting kembali pada platform mereka.

Selama pandemi, banyak brand yang menyadari bahwa adanya peningkatan minat terhadap konten yang dianggap bermanfaat. Influencer pada hal ini memiliki akses menuju konsumen dengan hadir sebagai penghubung sosial, antara brand dan calon konsumen, yang vital di tengah pembatasan sosial. Menyadari hal tersebut, banyak brand mulai menarik iklan mereka dari platform yang lebih  tradisional dan mengalihkan anggaran marketing perusahaan  menuju pemasaran digital. Perusahaan sadar, di tengah segala kejenuhan yang muncul akibat keterbatasan dalam beraktivitas, influencer marketing sebetulnya merupakan solusi yang tepat dalam menjawab kebutuhan konsumen akan distraksi terhadap kesulitan yang sedang mereka hadapi. Dengan berbagai strategi yang dilakukan, perusahaan berharap dengan membuka kerjasama dengan influencer, akan menjadi perpanjangan suara dari brand guna meraih calon konsumen atas produk yang ditawarkan.

Beberapa hal yang harus perusahaan perhatikan dalam merancang influencer markerting yakni memastikan konten dan pengiriman pesan perusahaan melalui influencer bermanfaat dan autentik sehingga memiliki ciri khas tersendiri dimata konsumen, mencari influencer yang sudah mendapatkan kepercayaan dari para audience karena influencer yang sudah memiliki pengikut yang loyal biasanya akan dengan mudah mengikuti rekomendasi yang diberikan influencer sehingga dapat menaikkan brand awareness dan penjualan dari perusahaan, dan yang terakhir adalah memelihara brand awareness, brand image, dan konsumen yang loyal agar selalu setia dan percaya dengan perusahaan dengan membuat konten interaktif, hosting webinar, live instagram dan acara online lain untuk dapat berkomunikasi langsung baik dengan calon konsumen maupun konsumen itu sendiri demi membangun kepercayaan dan rasa “diperhatikan” oleh perusahaan kepada konsumen sehingga konsumen yang setia akan semakin loyal.

Pada akhirnya, opsi menggunakan strategi pemasaran “influencer marketing” menjadi andalan para brand yang ingin memperkenalkan, membangun dan mempertahankan brand awareness produk mereka. Hal ini dilakukan perusahaan demi mengikuti perkembangan zaman era ekonomi digital juga beradaptasi dengan perilaku ekonomi dimasa pandemi COVID-19. Kebiasaan baru di era “new normal” yang mengharuskan semua orang berdiam di rumah mengakibatkan peningkatan intensitas penggunaan sosial media dalam upaya menghilangkan rasa bosan di rumah. Hal ini menyebabkan para influencer mengalami kenaikan “engagement” karena semakin banyak orang membuka sosial media dan meihat isi konten-konten mereka. Situasi ini merupakan peluang perusahaan untuk mengajak kerjasama para influencer untuk mempromosikan produk dan merekomendasikannya ke para pengikutnya.

Di saat pandemi seperti ini, merupakan kesempatan baik untuk bekerjasama karena banyak influencer yang menurunkan tarif mereka sebagai kompensasi atas kerjasama yang disepakati dan dilakukan. Di masa sekarang ini, brand dapat memberikan konten yang bersifat menghibur atau edukasi kepada audiensnya. Misalnya, dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya penggunaan masker. Dengan memberikan hiburan dan edukasi tersebut membuat brand bisa mendapatkan apresiasi dari masyarakat karena dapat membantu mereka melalui masa-masa krisis ini. Bekerja sama dengan influencer di masa seperti ini membuat konten yang disajikan brand dapat terasa lebih autentik dan relevan, dan di satu sisi bisa memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Dan hal ini tentunya akan membantu awareness masyarakat terhadap brand terkait. Kunci dari menjalankan strategi influencer marketing di masa pandemi ini adalah tetap relevan terhadap audiens dan juga bisa memberikan nilai tambah kepada mereka.

41 komentar:

  1. keren, informasinya sangat membantu :)

    BalasHapus
  2. Isinya samgat menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

    BalasHapus
  3. Terima kasi informasi nya, sangat membantu.

    BalasHapus
  4. Informatif dan sangat bermanfaat, terima kasih.

    BalasHapus
  5. terimakasih atas info nya, salam cuan

    BalasHapus
  6. Informasi yg diberikan sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  7. peran influencer memang sangat besar dalam hal ini, sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  8. informasi nya sangat bermanfaat dan menarik!

    BalasHapus
  9. Terima kasih, informasi yang diberikan sangat bermanfaat ��

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  11. Menarik sekali untuk diketahui :)

    BalasHapus
  12. Senang sekali bisa membacanya

    BalasHapus
  13. Isinya sangat menarik para pembaca

    BalasHapus
  14. Mantap! Senang bisa membaca informasi ini!

    BalasHapus
  15. Sukses selalu untuk menhadi influencer yang memiliki peran penting dalam berpromosi di masa pandemi ini!

    BalasHapus
  16. Wahhh, jadi tau nihhh!

    BalasHapus
  17. Sukaaaaa!!! ��

    BalasHapus
  18. Thank you so much for the information :)

    BalasHapus
  19. Mari menjadi influencer yang bermanfaat bagi sesama!

    BalasHapus
  20. Semangat membantu para UKM melalui media sosial, salah satunya Instagram!

    BalasHapus
  21. Tingkatkan brand awareness melalui influencer sangatlah bermanfaat

    BalasHapus
  22. Saya paling senang membaca informasi yang berguna seperti ini

    BalasHapus
  23. Sangat membantu ��

    BalasHapus
  24. Mari menjadi influencer yang dapat berkontribusi bersama perusahaan atau UKM!

    BalasHapus
  25. Mari memanfaatkan media promosi melalui influencer!

    BalasHapus
  26. Very useful information!

    BalasHapus
  27. Sippppp! Mantapppp!

    BalasHapus
  28. Seorang influencer dapat memberikan nilai tambah pada suatu produk yang dipromosikan

    BalasHapus
  29. Menarik sekali untuk ditelaah lebih lanjut!

    BalasHapus
  30. Sangat berguna untuk mengetahui promosi dan pemasaran digital

    BalasHapus
  31. Senang bisa mendapatkan ilmu dari artikel yang berguna ini :)

    BalasHapus